get app
inews
Aa Read Next : Paguyuban Bumi Reog Ponorogo Muncul di Korea Selatan Sejak 2012 Bikin Bangga Indonesia

Perbedaan Korea Utara dan Selatan, soal Kencan hingga Batasan Gaya Rambut

Minggu, 26 Maret 2023 | 10:27 WIB
header img
Warga Korea Selatan lebih modis foto: istimewa

Tetapi berbanding terbalik dengan Korea Utara. Pelukis di negara ini sangat dibatasi dalam membuat karya. Mereka tidak diperbolehkan melukis sesuatu, kecuali berhubungan dengan sang pemimpin negara, Kim Jong Un. Objek lukisan mereka hanya seputar Kim Jong Un dan keluarganya.

4. Suasana Akhir Pekan

 

Akhir pekan menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Hal ini berlaku juga di masyarakat Korea Utara dan Korea Selatan. Tetapi terdapat satu perbedaan yang terlihat jelas. Di Korea Selatan, parkiran penuh karena dipadati oleh mobil milik pengunjung.

Sedangkan di Korea Utara sebaliknya. Parkiran tampak sepi, hanya terdapat beberapa mobil. Penyebabnya adalah karena tidak semua masyarakat Korea Utara mampu untuk membeli kendaraan sendiri.

5. Jalanan Kota

Korea Utara memiliki jalanan besar di kota-kotanya, sama halnya dengan Korea Selatan. Tetapi yang terlihat unik dan berbeda adalah jalanan kota di Korea Selatan menggunakan rambu lalu lintas untuk mengatur lalu lintas. Sedangkan di Korea Utara, mereka tidak menggunakan rambu lalu lintas, melainkan ada polisi untuk mengendalikan lalu lintas.

6. Permukiman Warga

Pemerintah Korea Utara menjamin tempat tinggal bagi masyarakat, dengan tidak memungut biaya sepeserpun dari tempat tinggal warganya. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk warganya yang sudah terdaftar dan berstatus sudah menikah.

Meuthia Hamidah-Litbang MPI

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut