get app
inews
Aa Read Next : Tanda Kiamat Disebut Muncul di China, Ini Penjelasannya

Bisakah Bulan dan Matahari Muncul Bersamaan, Ini Penjelasannya

Rabu, 14 Juni 2023 | 20:56 WIB
header img
Bisakah bulan dan Matahari muncul bersamaan foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Unggahan viral di media sosial fenomena Matahari dan Bulan yang muncul bersamaan. Diketahui fenomena yang diunggah di akun TikTok @pak_wanimbo ini terjadi di langit Papua.

Tampak di bagian belakang si perekam terdapat Matahari terbit dari Timur, sementara di arah berlawanan tampak bulan akan tenggelam.

Perlu diketahui bahwa secara ilmiah, fenomena ini dikenal sebagai sebagai selenelion. Selenelion terjadi karena refraksi atmosfer membuat Matahari dan Bulan tampak lebih tinggi di langit.

Dihimpun dari berbagai sumber, selenelion bekerja dengan cara yang sama. Perbedaannya adalah gerhana Matahari terlihat di cakrawala, dengan Bulan berada di seberangnya.

Selenelion sebenarnya bukanlah fenomena yang langka. Selenelion akan terjadi di suatu tempat di Bumi. Triknya adalah memilih lokasi yang tepat, di mana Matahari terbit dan gerhana Bulan terbenam atau Bulan terbit dan Matahari terbenam.

Tidak cuma di pegunungan, namun terkadang berada di tengah lautan. Jika gerhana bulan terjadi rata-rata tiga kali setahun, kita memiliki sekitar tiga peluang per tahun untuk menangkap selenelion.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut