get app
inews
Aa Read Next : Korupsi Pemotongan Insentif Pegawai BPPD, KPK Tetapkan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Tersangka 

Wow, KPK Ungkap Lukas Enembe Habiskan Rp1 Trilyun Setahun untuk Belanja

Selasa, 27 Juni 2023 | 21:16 WIB
header img
Gubernur Papua Lukas Enembe Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Kasus Lukas Enembe masih saja menyita perhatian publik. Terbaru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe menghabiskan dana operasional sebesar Rp1 triliun kurun waktu setahun.

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur Rahayu menjelaskan bahwa modus Lukas membuat agar tindakannya tidak terungkap dengan cara membuat Peraturan Gubernur (Pergub).

“Itu kemarin yang disampaikan Pak Alex (Wakil Ketua KPK) dibuatlah Peraturan Gubernur sehingga itu tidak kelihatan. Jadi dia disembunyikan, dibuat peraturannya dulu, sehingga itu menjadi legal. Padahal nanti masuknya ke bagian makan dan minum,” kata Asep.

Asep menjelaskan, dengan Pergub yang dibuat oleh Lukas Enembe, hal itu menjadi lolos dari pengawasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Ketika dicek itu Kementerian Dalam Negeri itu menjadi tidak kelihatan, tersamarkan dengan adanya begitu,” jelasnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengantongi informasi bahwa Gubernur Papua Lukas Enembe menghabiskan dana operasional sebesar Rp1 triliun kurun waktu setahun.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengaku tak habis pikir Lukas Enembe bisa menghabiskan uang operasional gubernur sebesar Rp1 triliun dalam kurun waktu setahun. Uang tersebut digunakan hanya untuk makan dan minum.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut