get app
inews
Aa Read Next : Cerita Ketua RT Soal Jatuhnya Balon Udara, hingga Bapak Anak Jadi Korban

Hektaran Hutan Lindung di Ponorogo Terbakar, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Kamis, 03 Agustus 2023 | 07:45 WIB
header img
Kebakaran hutan di Sampung Ponorogo foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kebakaran hutan kembali terjadi, kali ini di hutan lindung di petak 95, RPH Pulung, BKPH Sumoroto, KPH Madiun, tepatnya berada di Hutan Pandan, Desa Nglurup, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Kebakaran ini menjadi perhatian serius karena hutan yang terbakar berdekatan dengan rumah warga.

Petugas gabungan dari polisi, TNI, dan BPBD Ponorogo alami kesulitan saat melakukan pemadaman, karena besarnya tiupan angin dan medan yang terjal serta banyaknya titik api juga turut menyulitkan upaya pemadaman. 

Bahkan, petugas harus menyeberangi sungai untuk mencapai titik api yang semakin membesar.

Belum ada informasi pasti tentang penyebab kebakaran ini, namun diduga api berasal dari pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga. Kebakaran ini menghanguskan hutan seluas 2 hektar dan memberikan dampak yang cukup signifikan.

“Upaya pemadaman dilakukan dengan alat manual sederhana. Medan yang curam dan beragam topografi membuat upaya pemadaman menjadi lebih sulit,” kata AIPTU Ahmad Saifudin Kanit Sabhara Polsek Sampung.

Lanjutnya, Ahmad menambahkan bahwa, meski berbagai kendala, namun petugas tetap berusaha memadamkan api, agar api tidak terus membesar dan merembet luas.

“Kita padamkan api terutama di daerah yang dekat dengan pemukiman penduduk,” terangnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut