get app
inews
Aa Read Next : Naas, Mahasiswa Dilaporkan Tenggelam di Pantai Niyama Tulungagung Saat Foto Selfi

Melihat Keindahan Telaga Buret, Airnya Berwarna Biru hingga Mitos Ikan Gaib

Sabtu, 23 September 2023 | 07:56 WIB
header img
Keindahan Telaga Buret Tulungagung yang menyimpan banyak mitos foto: iNewsPonorogo.id/Putra

TULUNGAGUNG, iNewsPonorogo.id - Di Kabupaten Tulungagung, ternyata menyimpan sebuah tempat yang punya keindahan alam luar biasa serta keasrian tetap terjaga. Tempat tersebut bernama, Telaga Buret.

Terletak di Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Telaga Buret menjadi tempat yang mempesona. Airnya yang cantik dan pepohonan rimbun di sekitarnya menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi. 

Disisi lain, Telaga Buret juga berkembang mitos yang melekat dalam kehidupan masyarakat setempat, serta terkait erat dengan sejarah Kerajaan Majapahit.

Kemudian salah satu mitos yang berkembang, adalah larangan keras penebangan pohon di sekitar Telaga Buret. Meskipun tidak ada penjelasan tertulis, aturan ini dipegang teguh oleh masyarakat. 

Mereka percaya bahwa melanggar aturan ini akan mendatangkan malapetaka, sebuah pesan yang diwariskan dari nenek moyang mereka.

Keengganan masyarakat untuk merusak alam ini, sebenarnya berkontribusi besar dalam melestarikan Telaga Buret. Karena jika kelestariannya terancam, akan berdampak pada lingkungan di sekitarnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut