get app
inews
Aa Read Next : Polisi Kosongkan Jalur Tol dan Rest Area Jelang Penerapan One Way Palimanan-Cikampek

Arus Balik Lebaran 2022: Hampir 2 Juta Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek

Rabu, 04 Mei 2022 | 20:05 WIB
header img
Sebanyak dua juta kendaraan diprediksi masuk Jabodetabek saat arus balik Lebaran 2022. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Polri menyebut 1.979.127 kendaraan diprediksi kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) saat arus balik Lebaran 2022. Sejumlah langkah untuk mengantisipasi adanya kepadatan volume kendaraan sudah dipersiapkan.

"Polri telah mengantisipasi jumlah kendaraan yang akan kembali atau arus balik menuju Jabodetabek dengan memperhatikan jumlah kendaraan yang keluar pada arus mudik dengan total sebanyak 1.979.127 unit," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, Rabu (4/5/2022).

Ramadhan menambahkan, pihaknya telah berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta stakeholder lain untuk menyiapkan sejumlah langkah-langkah guna mengantisipasi adanya kepadatan volume kendaraan saat arus balik.

"Ada tujuh langkah yang akan ditetapkan saat masyarakat melakukan perjalanan kembali dari kampung halaman ke kota domisilinya," ucapnya.

Pertama, Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) berupa sistem satu arah atau one way mulai dari KM 414 atau Gerbang Tol (GT) Kalikangkung sampai dengan KM 70 GT Cikatama. Jika volume kendaraan sangat ramai menuju Jakarta, maka pada hari Jumat (6/5/2022) pukul 14.00- 24.00 WIB akan diberlakukan one way dimulai dari GT Kalikangkung KM 414 sampai Tol Cikampek KM 70 diteruskan contra flow sampai KM 28,5.

"Rekayasa lalin ini juga berlaku dan bersifat situasional pada puncak arus yang diprediksi terjadi pada hari Sabtu, 7 Mei 2022 dan Minggu, 8 Mei 2022," ujarnya.

Kedua, Polri dan Kemenhub secara terus-menerus menyosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan one way.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut