Ingat Pesan Mbah Maridjan agar Gunung Merapi Tak Murka

Putra
Pesan Juru Kunci Gunung Merapi Mbah Maridjan (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id – Jika membahas tentang erupsi Gunung Merapi, pasti akan teringat akan sosok sang juru kunci Mbah Maridjan. Namun ia telah tiada usai menjadi salah satu korban letusan gunung yang dijaganya 2010 lalu.

Mbah Maridjan ditemukan meninggal dalam keadaan bersujud penuh luka bakar saat Gunung Merapi meletus memuntahkan awan panas.

Sebelum meninggal dunia, Mbah Maridjan pernah menyampaikan pesan tentang apa yang harus dilakukan saat terjadi erupsi. Selain pesan agar Gunung Merapi tidak marah.

“Kalau butuh pasir biarlah diberi pasir tapi jangan sampai Jogja mengambil pasir pakai backhoe,” kata Mbah Maridjan dalam rekaman wawancara yang diunggah akun TikTok @danak777.

Melalui pesan itu Mbah Maridjan mengingatkan agar para pemangku jabatan empat kabupaten sekeliling Merapi peduli soal eksploitasi pasir vulkanik di wilayah itu.

Dia memperingatkan bahwa pengambilan pasir menggunakan beckhoe, terutama di teritori Yogyakarta akan membuat Gunung Merapi murka dan erupsi, mengeluarkan awan panas.

Mbah Maridjan menegaskan peringatan itu dengan mengatakan “Cetha kuwi!,” (Jelas itu!), dan menekankan bahwa kalau menggunakan backhoe untuk mencari pasir dan material lain sebagai tindakan yang merusak alam.

Letusan Gunung Merapi pada 2010 kembali memuntahkan awan panas yang merenggut banyak nyawa, salah satunya adalah Mbah Maridjan. 

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network