Keindahan Pantai Pangasan, Serpihan Surga di Selatan Pacitan

Putra
Keindahan Pantai Pangasan Pacitan yang cocok untuk libur bareng keluarga (iNewsPonorogo.id/Putra)

PACITAN, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Pacitan, yang berada di garis pantai selatan, memiliki banyak pantai yang indah. Ada Pantai Teleng Ria, Pantai Klayar, hingga Watu Karung, mungkin terlintas di pikiran kita. Akan tetapi ada sepotong surga yang tersembunyi, yaitu Pantai Pangasan, yang terletak di Desa Kalipelis, Kecamatan Kebonagung.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Pangasan, perjalanan dari kota ke pantai ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30-40 menit. Sayangnya, tidak ada angkutan umum yang menuju Pantai Pangasan, sehingga para pengunjung perlu menggunakan kendaraan pribadi.

Rute menuju Pantai Pangasan memang sedikit rumit dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Pacitan. Hanya ada satu jalur menuju pantai ini, yaitu melalui Jalan Lintas Selatan (JLS). 

Tantangan terbesar dalam perjalanan menuju Pantai Pangasan adalah jalan masuk sejauh 500 meter. Namun, para pengunjung tidak perlu khawatir karena ada petugas khusus yang mengatur lalu lintas kendaraan yang keluar masuk.

Meskipun jalur terasa berliku, tetapi ketika sampai di lokasi, segala perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah warga dan pepohonan yang rimbun saat menuju ke Pantai Pangasan.

Salah satu ciri khas Pantai Pangasan adalah pulau karang berbentuk pilar yang berdiri kokoh di tengah pantai. Di sekitarnya, terdapat bongkahan batu besar, salah satunya memiliki gubuk kecil di atasnya yang sering dijadikan tempat swafoto.

Di tepi pantai, terdapat deretan pohon pandan dan kelapa dengan daun yang rindang, menciptakan suasana teduh bagi para pengunjung.

Pantai Pangasan memiliki keunikan lain, yaitu terbagi menjadi dua wilayah, yakni sisi barat dan sisi timur. Di sisi barat, terdapat tebing batu tinggi yang disebut 'Gunung Lanang' yang menjadi landmark Pantai Pangasan.

Meskipun masih tergolong baru, fasilitas yang ada di Pantai Pangasan cukup lengkap. Terdapat warung yang menyediakan camilan, makanan, dan berbagai minuman, serta fasilitas toilet. Tiket masuk ke Pantai Pangasan sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 5 ribu.

Dengan fasilitas yang semakin lengkap dan akses jalan yang diperbaiki, diharapkan Pantai Pangasan dapat semakin populer dan menjadi daya tarik utama bagi pariwisata di wilayah tersebut.

“Saya ingin membuktikan sendiri. Di medsos (media sosial) ramai, katanya Pantai Pangasan itu bagus,” ujar salah satu pengunjung, Rizkika

Pengunjung lain, Miftania mengungkapkan bahwa Pantai Pangasan merupakan paling bagus di Pacitan. “Pangasan amazing. Ini Surganya dunia. Ya ombaknya, ya suasana semuanya,” ungkapnya.

Sementara, pengelola wisata Pantai Pangasan, Sarginen mengaku bahwa sudah agak ramai semenjak viral di media sosial. Jika akhir pekan , pengunjung bisa mencapai 750.

Mereka tidak sekedar berwisata, tetapi terkadang jika camping. Wisatawan yang ke Ponorogo tidak hanya dari Pacitan saja, tetapi juga dari luar kota.

“Ada yang dari Yogyakarta, Solo, Madiun. Daya tariknya memang unik ini pantainya. Ada pemandangan alamnya,” pungkasnya.

Editor : Putra

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network