Kisah Panembahan Senopati Bercinta dengan Nyi Roro Kidul sebelum Menjadi Penguasa Mataram

Nanda Aria/Rivo
Ilustrasi Nyi Roro Kidul penguasa Laut Selatan. Foto: Ist

"Menurut pendapatku, mari kita bersama-sama berdoa kepada Allah agar segala kesulitan dapat diatasi. Mari kita membagi tugas. Kamu akan pergi ke Laut Kidul, sementara aku akan pergi ke Gunung Merapi. Kita akan berangkat bersama," kata Juru Martani.

Senopati kemudian menuju Kali Ompak, melompat ke sungai, dan berenang mengikuti aliran air.

Bercinta dengan Kanjeng Ratu Kidul

Kerusuhan di Samudra Selatan mengganggu Nyi Roro Kidul yang sedang beristirahat di tempat tidurnya yang dihiasi dengan emas, intan, berlian, dan batu mulia lainnya.

'Babad Tanah Jawi' menggambarkan Kanjeng Ratu Kidul sebagai penguasa atas semua makhluk halus di Jawa. Dia kemudian muncul kepada Panembahan Senopati. Dengan cepat, Senopati mendekat dan bersujud di kakinya, mengungkapkan rasa hormat.

"Semoga Anda berkenan untuk menghilangkan dukacita, sehingga bencana ini bisa berakhir. Tolonglah, karena laut ini ada di bawah tanggung jawab saya," kata Nyi Roro Kidul.

Setelah mendengar ucapan ini, Senopati merasa sangat gembira. Badai pun mereda. Ikan-ikan yang mati kembali hidup. Nyi Roro Kidul tampil dengan gerakan menggoda, kemudian kembali ke samudra.

Namun, pada saat itu, Senopati merasakan perasaan cinta. Dia memutuskan untuk mengikuti Nyi Roro Kidul menuju kerajaannya di Laut Selatan. Senopati sangat terkesima. Dia bahkan tidak ragu untuk mengungkapkan perasaannya.

"Maafkan saya, tetapi saya ingin melihat tempat tidur Anda," ujarnya.

Permintaan ini dijawab dengan positif. "Jangan ragu, saya selalu menanti, Paduka pemilik hati," kata Nyi Roro Kidul.

Selama tiga hari tiga malam, Panembahan Senopati tinggal di Laut Selatan. Di sana, dia menghabiskan waktu dengan Nyi Roro Kidul. Di tempat itu, dia juga mendapatkan petunjuk tentang bagaimana menjadi seorang raja yang mampu menguasai manusia, jin, dan peri.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network