Shotaro Noda Muslim Jepang Pertama, Dosen Akmil Ottoman Tergoda Masuk Islam karena Diperlakukan Baik

Vitrianda Hilba
Shotaro Noda, Muslim Jepang pertama. foto: daily sabah

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Hubungan pertama antara dunia Islam dan Jepang dimulai pada akhir masa pemerintahan Keshogunan Tokugawa atau Keshogunan Edo, pemerintahan militer feodal Jepang antara tahun 1603 dan 1868.

Hubungan ini mendapatkan momentumnya pada masa pemerintahan Kaisar Meiji yang disebut juga Meiji Agung atau Meiji the Good, pada tahun 1868. Salah satu negara Muslim yang dihubungi Jepang adalah Kekaisaran Ottoman.

Pertemuan resmi pertama antara kedua negara terjadi pada tahun 1887 dengan kunjungan Pangeran Komatsu Akihito dari Keluarga Kekaisaran Jepang ke Istanbul. Sebuah delegasi dibentuk dua tahun kemudian atas permintaan Sultan Abdülhamid untuk kunjungan kembali ke negara tersebut. Delegasi tersebut menaiki Fregat Ertuğrul pada Juli 1889 dan meninggalkan Istanbul menuju Jepang.

Melansir laman Daily Sabah pada Sabtu, 11 November 2023 disebutkan mengunjungi berbagai negara, fregat tersebut tiba di Yokohama Jepang pada bulan Juni 1890 setelah sedikit penundaan. Komandan armada Osman Pasha menyerahkan surat yang dikirim oleh Sultan Abdülhamid, perintah hak istimewa dan hadiah kepada kaisar Jepang.

Delegasi yang mengadakan pertemuan di Jepang selama tiga bulan ini berangkat dari Yokohama pada 15 September untuk kembali ke Istanbul. Namun, saat dalam perjalanan menuju Kobe keesokan harinya, Fregat Ertuğrul mengalami cuaca buruk, menabrak batu dan tenggelam.

Bencana Ertuğrul menimbulkan kesan yang luar biasa di pers Jepang sehingga surat kabar meliput berbagai artikel tentang bencana tersebut. Surat kabar tersebut juga meluncurkan kampanye bantuan untuk 69 orang yang selamat dari fregat tersebut. Ini adalah kampanye pertama yang diadakan untuk penyintas asing di Jepang. Jiji Shinpo, salah satu surat kabar terbesar di negara ini, mengumpulkan bantuan terbanyak, dengan total 4.248.976 yen Jepang.

Diputuskan bahwa para penyintas akan dikirim kembali ke Istanbul dengan dua kapal perang Jepang bernama Hiei dan Kongo. Uang yang dikumpulkan untuk para penyintas fregat juga akan dikirimkan ke pemerintah Ottoman dengan cara ini. Shotaro Noda, yang bekerja di Jiji Shinpo, dipilih untuk tugas penting ini. Noda lahir dalam keluarga Samurai pada tahun 1868 dan datang ke Tokyo untuk belajar pada tahun 1886. Setelah lulus, ia mulai bekerja untuk Jiji Shinpo.

Noda segera berangkat ke Kobe, tempat para penyintas berkumpul, dan kapal berangkat pada pagi hari tanggal 11 Oktober. Banyak orang berkumpul untuk melihat Noda ketika dia akhirnya tiba di Istanbul dan datang menemui Menteri Angkatan Laut Hasan Pasha pada 6 Januari.

Dia menyerahkan seluruh uang bantuan sebesar 88.497 kuruş (piaster era Ottoman) kepada Rıza Hasan Pasha, ketua lembaga bantuan yang didirikan untuk para korban. Insiden itu muncul di semua surat kabar Istanbul keesokan harinya.

Selama berada di Istanbul, Noda terus menulis artikel untuk surat kabarnya. Dia memberikan wawancara kepada surat kabar Eropa dan lokal karena dia menarik banyak perhatian sebagai warga negara Jepang. Ketika kapal-kapal Jepang hendak berangkat ke Jepang, Sultan Abdülhamid ingin seorang perwira Jepang tinggal di Istanbul untuk belajar bahasa Turki dan mengajar bahasa Jepang kepada para perwira Ottoman. Atas permintaan ini, diputuskan bahwa jurnalis Noda harus tetap menjadi perwira, yang juga disetujui oleh pemerintah Ottoman.

Oleh karena itu, Noda, yang dianugerahi medali hak istimewa tingkat ketiga, mulai mengajar bahasa Jepang kepada dua perwira dan enam siswa dari Akademi Militer Ottoman. Para petugas juga mengajarinya bahasa Turki. Murid-muridnya belajar bahasa Jepang dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan, salah satu siswanya, Mustafa Asım Efendi, bahkan menyiapkan kamus tiga bahasa Turki-Jepang-Prancis.

Noda bertindak sebagai penerjemah untuk Kiyoura Keigo, calon perdana menteri yang datang ke Istanbul selama dia tinggal. Ia juga bertindak sebagai penerjemah untuk pengusaha Yamada Torajiro. Yamada mengorganisir kampanye bantuan lainnya di Jepang, dan dia mungkin datang ke Istanbul pada bulan April dengan tujuan mengirimkan uang yang dia kumpulkan.

Dia pergi ke rumah Menteri Luar Negeri Sait Pasha untuk menemuinya, dan Noda dipanggil ketika pasha membutuhkan penerjemah untuk berkomunikasi dengan Yamada. Noda dan Yamada bertemu pada kesempatan ini.

Mencoba menjalin hubungan komersial antara Kesultanan Utsmaniyah dan Jepang, Yamada juga membantu Noda dalam pelajaran bahasa Jepangnya. Dia kemudian kembali ke Jepang pada Juli 1892. Setelah tinggal di negaranya selama satu tahun lagi, dia kembali ke Istanbul dan membuka toko yang menjual barang-barang Jepang di distrik Pera yang bersejarah. Dia akan tinggal di Kekaisaran Ottoman selama sekitar 10 tahun dan kembali ke Jepang setelah dimulainya Perang Rusia-Jepang pada tahun 1905.

Noda, yang mengajar di Akademi Militer Ottoman selama sekitar dua tahun antara tahun 1891 dan 1892, mempelajari sejarah Islam dan Kesultanan Ottoman. Dia membaca buku-buku tentang Islam dan mengumpulkan informasi tentang agama tersebut.

Terpengaruh oleh perlakuan baik yang ditunjukkan kepadanya, ia masuk Islam pada tanggal 21 Mei 1891, mengambil nama Abdülhalim dan disunat. Dengan demikian, ia tercatat dalam sejarah sebagai Muslim Jepang pertama yang diketahui. Masuknya Noda ke Islam disambut baik di Istanbul, dan foto-fotonya dipublikasikan di surat kabar Ottoman.

Noda, yang mungkin mulai merasa rindu kampung halaman setelah kepergian Yamada, meninggalkan Turki pada akhir tahun 1892. Ia kembali ke Tokyo melalui Eropa dan Amerika Serikat. Jurnalis tersebut menulis surat kepada Sultan Albdülhamid pada tanggal 5 Februari 1893, dan mengucapkan terima kasih atas pelajaran bahasa Turki yang diambilnya. Melanjutkan karir jurnalistiknya di Jepang, Noda meninggal dalam usia muda pada 27 April 1904.

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network