get app
inews
Aa Read Next : Deretan Negara dengan Budaya Seks Bebas, Mana Saja

7 Negara yang Tidak Ada Satupun Masjid Berdiri, Alasanya Mengejutkan

Minggu, 14 Agustus 2022 | 07:51 WIB
header img
Ilustrasi Masjid (ist)

MASJID menjadi tempat ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Selain itu, masjid juga jadi bagian tempat bersejarah dan ada hubungannya dengan pembangunan peradaban di setiap negara. Sekalipun di negara mayoritas non-muslim.

Namun ternyata, ada beberapa negara yang tidak memiliki masjid lho!. Hal ini lantaran mayoritas penduduknya adalah non-muslim, hingga keterbatasan wilayah. Serta di antaranya karena kebijakan dari pemerintahan negara itu sendiri.

Berikut rangkumkan lima negara yang tidak memiliki satupun masjid di wilayahnya:

1. Monako

Negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya yang pertama adalah Monako. Jika dilihat dari susunan peta, Monako ini termasuk negara terkecil di dunia. Sebuah negara kota berdaulat, yang terletak di Côte d'Azur di Eropa Barat.

Selain itu, agama resmi Monako adalah Katolik Roma, dengan kebebasan beragama lain yang dijamin oleh konstitusi.

Di negara ini ada lima gereja paroki Katolik Roma di Monako dan satu Katedral, di mana merupakan tempat kedudukan uskup agung di Monako. Umat Kristen dianut oleh 83,2 persen penduduk Monako.

Ilustrasi

Ilustrasi shalat (Freepik)

Nah untuk umat Islam sendiri memang terbilang sangat kecil di Monako. Untuk itu bagi muslim yang ingin beribadah, ia hanya bisa melakukannya di tempat masing-masing. Sementara jika ingin salat ke masjid, mereka harus ke luar wilayah Monako lebih dulu dan negara terdekatnya adalah Prancis.

2. Vatikan

Selanjutnya adalah Vatikan. Negara terkecil di dunia ini juga tidak memiliki masjid di dalamnya, lho. Selain dengan alasan luas wilayah negaranya sangatlah kecil, mayoritas masyarakat Vatikan adalah Katolik.

Letaknya di jantung Kota Roma, dan menjadi sumber nafas kehidupan bagi umat Katolik. Setiap tahunnya jutaan peziarah datang ke negara ini untuk beribadah, dan mencari berkat dari Paus.

Maka hingga saat ini di negara Vatikan tidak pernah ada masjid. Jadi bagi umat Islam yang ingin pergi ke masjid, dan beribadah harus keluar negara ini terlebih dahulu. Negara tetangga yang paling dekat adalah ke Italia.

3. Uruguay

Kemudian ada Uruguay, negara yang tidak memiliki masjid di wilayahnya. Bahkan musala terkecil pun tidak akan ditemukan di sini. Lokasinya terletak di tenggara Amerika Selatan, dan negara ini memang tidak ada penduduk muslim di dalamnya.

Perbatasan Uruguay di bagian Utara adalah Rio Grande do Sul, Brasil , di barat adalah Sungai Uruguay , di barat daya adalah muara Rio de la Plata dengan Argentina, dan di bagian selatan adalah Samudera Atlantik.

Akan tetapi kedutaan Mesir dii Uruguay, menyediakan tempat salat bagi umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah. Semacam musala yang letaknya ada di dalam kedutaan itu sendiri.

4. Sao Tome and Príncipe

Negara ini berada di Samudra Atlantik tepatnya lepas pantai khatulistiwa barat Afrika. Bahasa yang digunakan di negara kepulauan ini ialah bahasa Portugis.

Negara dengan 95 persen penduduknya menganut agama Kristen ini baru benar-benar merdeka dari Portugal pada 12 Juli 1975. Jika anda ingin mencari masjid untuk salat, sebaiknya urungkan niat karena di sana anda tidak akan menemukan sebijipun masjid yang berdiri di negara tersebut.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut