get app
inews
Aa Read Next : Gunung Salak Disebut Punya Banyak Cerita Mistis, Suara Gamelan hingga Titik 47

Bus Sumber Kencono Dijuluki Sebagai Bus Hantu, Ini Alasannya

Rabu, 17 Agustus 2022 | 21:12 WIB
header img
Alasan bus Sumber Kencono dijuluki sebagai bus hantu (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Apa alasan bus Sumber Kencono dijuluki sebagai bus hantu? Apakah ada hubungannya dengan hal-hal mistis?

Sebagai pengguna transportasi umum di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, nama bus Sumber Kencono tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan sebagian besar mungkin telah merasakan pengalaman menggunakan moda transportasi tersebut.

Sayangnya, reputasi bus Sumber Kencono tidak begitu baik di kalangan masyarakat hingga mendapatkan julukan sebagai bus hantu. Bus ini dianggap seringkali mengalami kecelakaan lalu lintas yang menelan banyak korban jiwa dengan tragis.

Lantas, apa penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini.

Alasan bus Sumber Kencono dijuluki sebagai bus hantu

Bus Sumber Kencono telah beroperasi sejak tahun 1981 dengan rute Surabaya-Yogyakarta. Kantor pusat dan garasi bus ini terletak di Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

Bus tersebut masih tetap beroperasi hingga saat ini dan masih melayani penumpang. Namun supir dari bus Sumber Kencono dikenal begitu ugal-ugalan ketika berkendara sehingga sering menyebabkan kecelakaan. 

Kecelakaan lalu lintas yang terjadi bahkan memiliki kisah yang tragis dan menegangkan. Maka dari itu, tak heran jika julukan lain dari bus Sumber Kencono adalah bus Sumber Bencono yang berarti sumber bencana.

Setelah ditelisik, stigma negatif tersebut bermula ketika bus Sumber Kencono menjadi pilihan banyak penumpang di saat bus Flores yang merupakan kompetitornya pernah mengalami kecelakaan tragis. 

Kecelakaan lalu lintas yang dialami bus Flores tersebut terjadi ketika membawa penumpang yang merupakan siswa SMP dari Jombang dan menyebabkan sebagian besar siswa meninggal dunia.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut