Komnas HAM Kunjungi Langsung Gubernur Papua Lukas Enembe, ini Penjelasannya

Martin Ronaldo
.
Kamis, 29 September 2022 | 17:44 WIB
Ahmad Taufan Damanik kunjungi Lukas Enembe. (Foto: Dok Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kasus yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe menjadi perhatian banyak pihak termasuk Komas HAM. Bahkan Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan kondisi kesehatan Lukas saat melakukan kunjungan.

Taufan juga mengatakan, bahwa dirinya tidak mencampuri proses hukum yang tengah berlangsung antara Lukas Enembe dengan KPK.

"Kondisinya kelihatan tidak sedang sehat. Saya berkali-kali bertemu dengan beliau ini, dulu ada koordinasi biasa. Saya bertemu beliau berkali-kali di Papua, Jakarta. Memang kalau dibandingkan pertemuan kemarin itu dalam kondisi kurang sehat. Tapi yang tahu persisnya kan dokter," ujar Taufan kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Menurutnya, alasan dirinya datang ke Papua selain mendatangi Lukas juga untuk melaksanakan progam dialog damai yang dipelopori oleh Komnas HAM.

Taufan juga menerangkan, bahwa yang bersangkutan mengaku Lukas Enembe siap untuk menjalani proses hukum terhadap dirinya.

"Dia katakan dia siap mengikuti proses hukum, menghormati proses hukum," tuturnya.

"Dia bilang semalam, 'Saya akan patuhi proses hukum, tapi tolong pertimbangkan hak kesehatan saya'," sambungnya.

Dalam pertemuan itu, dirinya juga mengungkapkan bahwa Lukas Enembe sempat menelfon Direktur Penyidik KPK, Kombes Asep Guntur terkait kondisi kesehatan dirinya.

"Ngomong sama saya juga, saya katakan, kami sangat menghormati semua langkah KPK ya, kami ke sini hanya melihat kondisi kesehatan atas permintaan banyak pihak. Sudah, selesai, dari situ saya keluar meninggalkan rumah itu," ucapnya.

 


 

 

 

artikel ini sudah tayang di Okezone dengan judul: https://nasional.okezone.com/read/2022/09/29/337/2677483/bertemu-langsung-komnas-ham-beberkan-kondisi-kesehatan-terkini-lukas-enembe?page=1

 

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News

Bagikan Artikel Ini