get app
inews
Aa Read Next : Jenderal Polisi Ini Tak Izinkan Anaknya Masuk Akabri, Alasannya Bikin Merinding, Ini Kisahnya!

Temuan Berbeda Polisi Terkait Pintu Stadion Kanjuruhan Tertutup

Rabu, 05 Oktober 2022 | 10:52 WIB
header img
Temuan Labfor stadion Kanjuruhan soal pintu tertutup. (Foto : Avirista Midaada /MPI)

MALANG, iNews.id - Dugaan ada pintu Stadion Kanjuruhan, Malang di tragedi Sabtu malam 1 Oktober 2022 kemarin, mendapat tanggapan dari polisi. Dimana Mabes Polri dan Kompolnasberbeda temuan soal kondisi beberapa pintukeluar dalam kondisi terkunci atau terbuka saat terjadinya tragedi yang menewaskan 125 korban jiwa. Kompolnas sebelumnya menyebut ada pintu yang terkunci namun Mabes Polri berdasarkan hasil identifikasi tim Labfor menyatakan pintu sebenarnya terbuka.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, rekaman CCTV yang terpasang di pintu 3, 9, 10, 11, 12 dan 13 memperlihatkan pintu terbuka kendati cukup sempit saat laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022). Namun pintu hanya bisa dilalui dua orang saja.

Pintu yang tertutup yakni pintu besar yang biasa digunakan untuk akses keluar masuk kendaraan roda empat seperti ambulans, mobil pemadam kebakaran dan kendaraan petugas keamanan ke dalam stadion. 

"(Kamera CCTV di enam pintu itu) Memang masuk dari materi. Hasil keterangan Labfor untuk 6 titik itu nggak ditutup, dari kapasitas dua orang yang keluar ratusan hingga terjadi himpit-himpitan, itu juga bagian materi yang didalami tim sidik," ujar Dedi Prasetyo, Selasa (4/10/2022) malam.

Dia menambahkan, dari pintu yang terbuka kecil itu ada banyak orang yang berdesakan mencari jalan keluar sehingga terjadi peristiwa berhimpitan dan saling tindih di tribun ekonomi.

"Tidak tertutup, pintu kecil sekali, kapasitas untuk 2 orang saja. Pintu yang tertutup itu yang besar. Ini dua orang dan terjadi kepanikan serta keluar langsung ratusan orang berbondong-bondong dan menyebabkan banyaknya jatuh korban di titik-titik korban," katanya.

Menurutnya, Polri sempat memintai keterangan saksi mata yang mengunggah kondisi di pintu Stadion Kanjuruhan pascalaga yang viral di media sosial. Diketahui sang pengunggah video merupakanpetugas kebersihan atau cleaning service di Stasiun Malang Kota Baru.

"Ya salah satunya itu dari pihak masyarakat yang dimintai keterangan," ujar jenderal bintang dua tersebut.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut