get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Sarapan Sehat Bebas Kolesterol dan Mudah Dibuat

Kolesterol Tinggi di Usia Muda Bisa Diturunkan dengan 8 Cara ini

Rabu, 28 Desember 2022 | 14:39 WIB
header img
Kolesterol Tinggi, di usia muda dapat dirurunkan (Foto: ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Kolesterol memang harus diatur karena hal ini bisa sebabkan maslaah kesehatan serius, seperti hal stroke sampai jantung, meski diusia muda.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri.

Meski dapat diwariskan, kolesterol tinggi seringkali disebabkan gaya hidup yang tidak sehat sehingga dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda dilansir dari Mayo Clinic.

1. Tidur Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat. Tidur membantu tubuh mengatur metabolisme dan mengurangi peradangan. Ketika tidak cukup tidur, tubuh memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol, yang dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan kolesterol lebih tinggi.

Selain itu, ketika kurang tidur, tubuh cenderung membuat pilihan makanan yang tidak sehat dan makan makanan tinggi lemak jenuh, yang juga dapat berkontribusi pada kadar kolesterol yang lebih tinggi.

2. Atasi Stres

Stres menghasilkan hormon yang meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan kemungkinan serangan jantung dan stroke. Itu juga bisa membuat seseorang makan tidak sehat, kurang tidur dan minum lebih banyak.

Lakukan yang terbaik untuk mengatasi stres melalui meditasi, yoga, jurnal, terapi, dan teknik manajemen lainnya. Ini bisa sangat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kadar kolesterol tinggi dalam darah.

3. Makan Banyak Serat

Serat menurunkan kolesterol dan menghilangkannya dari tubuh. Untuk meningkatkan asupan serat, makan lebih banyak biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, sayuran dan buah-buahan.

Anda harus mendapatkan campuran yang baik dari kedua serat larut, yang lebih bermanfaat untuk kolesterol, dan serat tidak larut, yang baik untuk kesehatan usus. Mendapatkan cukup serat juga mengurangi risiko penyakit, mencegah sembelit dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Minum Teh

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association menemukan bahwa minum teh hijau bisa mengurangi kolesterol jahat rata-rata 5,30 mg/dL, meskipun jumlah teh hijau yang diminum sangat bervariasi dari satu penelitian ke penelitian lainnya. Antioksidan yang disebut katekin dalam teh hijau dapat menurunkan kolesterol. Satu cangkir memiliki antara 50 dan 100 mg katekin.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut