get app
inews
Aa Read Next : Pimpin Rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat, SBY: Mungkin Kita Punya Rumah Baru

Dukung Anis Baswedan, Koalisi Perubahan Akankah Tetap Sejalan

Rabu, 01 Februari 2023 | 17:30 WIB
header img
Pengamat politik menilai koalisi perubahan untuk mendukung Anis Baswedan masih temui Jalan terjal (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Dinamika politik koalisi perubahan cukup tinggi. Proses konsolidasi yang digagas Partai NasDem, PKS dan Demokrat dinilai masih panjang dan terjal. Setelah mereka menyatakan mendukung Anis Baswedan.

Dirketur Eksekutif Indonesia Political Power Ikhwan Arif mengatakan tantangan berikutnya mempertahankan koalisi poros perubahan ditengah isu penjagalan yang semakin kuat.

Ikhwan Arif menilai, aksi Nasdem dan sikap Demokrat serta PKS terkait pembentukan sekretariat perubahan tidak lepas dari kompleksitas internal Koalisi Perubahan. Ia menilai, Nasdem juga pemegang kunci, karena sudah mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres.

Sementara itu, PKS dan Demokrat butuh koalisi perubahan karena kedua partai itu sulit berkomunikasi dengan koalisi lain.

“Jadi Nasdem punya kartu utama Anies Baswedan, sedangkan PKS dan Demokrat tidak mungkin melepaskan Anies begitu saja. Dimana selama ini ruang koalisi Demokrat dan PKS ada di poros perubahan. Kalaupun bergabung dengan poros koalisi lain, kecil kemungkinan terjadi, terlebih PKS dan Demokrat terkesan bergantung pada figur Anies,” kata Ikhwan, dalam keterangannya.

Ikhwan menilai, Nasdem bisa dikategorikan seperti soal deadlock koalisi perubahan hingga penjajakan diri ke partai lain sebagai ancaman, karena partai di koalisi perubahan enggan mendeklarasikan Anies sebagai Bakal Calon Presiden.

“Jadi ancaman secara halus yang dilontarkan Partai Nasdem wajar, ketika kalkulasi politik antara Demokrat dan PKS terhadap Nasdem belum juga menentukan titik terang, padahal komunikasi politik yang dibangun lama," kata Ikhwan.

“Apalagi poros perubahan secara resmi belum mendeklarasikan mendukung Anies, jadi wajar saja Nasdem membutuhkan kepastian mau lanjut atau tidak di poros perubahan, terlebih koalisi lain sudah membentuk deklarasi secara resmi seperti KIB, KIR, hingga sudah ada sekber koalisi,” sambungnya.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut