get app
inews
Aa Read Next : Kelahiran Sapi Merah di Israel Disebut Tanda Kiamat, Ini Penjelasannya

Sejarah Berdirinya Masjid Batoro Katong, Berkaitan Kejadian Mistis Makam Patih Seloaji

Minggu, 02 Juli 2023 | 09:35 WIB
header img
Sejarah masjid Batoro Katong di Ponorogo foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Ponorogo tidak cuma dikenal akan kesenian dan budayanya saja, namun juga akan peradaban Islam. Hal ini membuat banyak sekali masjid kuno berdiri yang menyimpan sejarah, salah satunya Masjid Batoro Katong

Raden katong, atau disebut Batoro Katong, sangat melekat dengan pengusaha pertama, sekaligus pelopor penyebaran agama islam di Ponorogo.

Perjalanan dan sepak terjang utusan Demak ini guna mengislamkan masyarakat yang sebelumnya beragama Hindu hingga animisme, setelah berhasil mengalahkan Ki Ageng Suryongalam dan menaklukan Kerajaan Wengker. Maka mulailah Batoro Katong untuk melakukan tujuan utama datang ke Kabupaten Ponorogo yaitu penyebaran agama Islam.

Guna memperlancar tugasnya, dan sebagai tempat siar penyebarkan agama Islam, Batoro Katong kemudian mendirikan sebuah masjid, yang sekarang tepatnya berada di sebelah barat makam nya, masuk Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan.

“Batoro Katong mendirikan masjid untuk syiar Islam di Ponorogo,” kata Nardi, budayawan dan juga juru kunci Makam Batoro Katong.

Ada cerita tersendiri tentang masjid, setelah Batoro Katong meninggal dunia, dan masjid pergunakan untuk masyarakat. Dimana sebelum dipindah, posisi masjid awalnya berdekatan dengan makam Patih Seloaji.

Pemindahan masjid dilakukan karena terbakar hebat, serta berkaitan dengan pesan Patih Seloaji. Dimana sebelum meninggal berpesan melarang makam dirinya untuk diberi cungkup, atau rumah-rumahan diatas makam.

“Karena masyarakat ingin menghormati Patih Seloaji, jadi mengindahkan pesannya, dan tetap membangun kuncup diatas makam Patih Seloaji, agar juga sama dengan makam yang lain,” ungkapnya.

Setelah diberi kuncup, terjadi kejadian mistis,  cungkup makam Seloaji tiba-tiba saja tersambar petir, yang juga mengenai masjid Batoro Katong, hingga akhirnya terbakar hebat.

“Untuk yang mengenai masjid itu kalau tidak salah tersambar petir yang ketiga kali, setelah kuncup makam dibangun berkali-kali dan selalu tersambar petir. Akhirnya hingga saat ini tidak ada kuncup untuk makam Patih Seloaji,” terangnya.

Kemudian karena terbakar, maka di tahun 1800, masyarakat pada waktu itu membangun kembali masjid dan memindahkan nya / di sebelah utaranya makam Batoro Katong, hingga tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

“Sekarang diberi nama Masjid Jami Batoro Katong, dan karena terbakar itulah, kenapa masjid haris dipindah,” pungkasnya.

Datangnya batoro katong inilah, maka peradapan Islam di bumi wengker yang sekarang di sebut dengan kabupaten ponorogo dimulai, hingga terus berkembang sampai saat ini.

Masyarakat Ponorogo, sangat mengagungkan Batoro Katong, sebagai tokoh, Kyai dan Adipati sejarah lahirnya Kabupaten Ponorogo.

Batoro Katong juga bukan sekedar figur sejarah semata, terutama di kalangan santri. Dimana Batoro Katong adalah penguasa Islam pertama Kabupaten Ponorogo.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut