get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Benda Misterius Berwarna Merah di Langit Pantai Selatan, Pertanda Apa

Keris Condong Campur, Pusaka Majapahit Melegenda dan Misterius, Ini 5 Faktanya!

Minggu, 30 Juli 2023 | 17:02 WIB
header img
Keris Condong Campur adalah salah satu keris pusaka yang mendapat banyak perhatian dalam legenda dan folklor Kerajaan Majapahit. Foto: Ist

KERIS Condong Campur adalah salah satu keris pusaka yang mendapat banyak perhatian dalam legenda dan folklor Kerajaan Majapahit. Dikenal juga dengan sebutan Kanjeng Kyai Condong Campur, keris ini memiliki ciri khas dan filosofi yang unik.

Berikut 5 fakta mengenai keris yang menarik ini:

1. Keunikan Bentuk dan Filosofi

Keris Condong Campur memiliki bentuk dapur keris lurus dengan panjang bilah sedang, dilengkapi dengan kembang kacang, satu lambe gajah, dan satu sogokan di depan.

Ukuran panjangnya mencapai ujung bilah tanpa adanya sogokan belakang. Tidak hanya itu, keris ini juga menggunakan gusen dan lis-lis-an. Nama Condong Campur memiliki makna filosofis yang mendalam.

"Condong" merujuk pada miring atau mengarah ke suatu titik, yang menggambarkan keberpihakan atau keinginan. Sementara itu, "Campur" berarti penyatuan atau perpaduan.

Dengan demikian, Keris Condong Campur melambangkan keinginan untuk menyatukan perbedaan dan mencapai kesatuan dalam keberagaman.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut