get app
inews
Aa Read Next : Gunung Salak Disebut Punya Banyak Cerita Mistis, Suara Gamelan hingga Titik 47

Deretan Tempat Terangker di Ponorogo, Ada Kerajaan Gaib

Senin, 04 September 2023 | 16:10 WIB
header img
Deretan tempat angker di Ponorogo foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Ponorogo ternyata tidak cuma dikenal akan kesenian dan budayanya yang luar biasa, namun juga disebut salah satu daerah di Jawa Timur yang punya banyak tempat berbau mistis serta angker.

Terdapat banyak tempat angker di Ponorogo yang semakin terkenal hingga seluruh pulau Jawa. Tempat-tempat angker ini memiliki aura sakral, sehingga menjadi tempat meditasi yang menenangkan hati.

Akan tetapi beberapa orang yang datang ke tempat-tempat tersebut dengan niat yang kurang baik.

Berikut adalah beberapa tempat angker di Ponorogo yang terkenal sebagai tempat meditasi dan serta penuh misteri.

Klampis Ireng

Salah satu tempat yang sangat angker dan penuh misteri adalah Petilasan Klampis Ireng yang terletak di Desa Sragi, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo.

Tempat yang berada di tengah area persawahan, diyakini oleh masyarakat sebagai padepokan milik Kiai Ismoyo atau Semar. Selain itu, petilasan ini dianggap sebagai sebuah kerajaan gaib yang dipimpin langsung oleh Eyang Ismoyo.

Di antara banyak cerita, sering terdengar suara pagelaran wayang di petilasan ini, meskipun saat dicari-cari tidak ada siapa pun yang sedang memainkan wayang di dalamnya.

Surukubeng

Surukubeng adalah sebuah petilasan yang terletak di Kutuwetan, Jetis, Ponorogo. Konon, Ki Ageng Kutu menggembleng warok atau prajurit Ponorogo di tempat ini agar mereka bisa menjadi kuat, tahan banting, dan memiliki kekuatan magis.

Banyak yang datang dengan berbagai niat di tempat ini. Jika datang dengan niat baik, biasanya mereka hanya bersemedi dan berdoa. Namun, jika datang dengan niat buruk, mereka seringkali ingin mencari pesugihan. Keangkeran tempat ini tetap terjaga hingga saat ini.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut