get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Pembacokan Suami Mantan Pacar Ditangkap, Ini Motifnya

Untuk Palestina, Ini Doa Qunut Nazilah Berikut Arab dan Arti serta Tata Caranya

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 08:23 WIB
header img
Panjatkan Doa untuk Bangsa Palestina Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Dalam saat-saat genting ini, umat Islam di seluruh dunia merasa panggilan kuat untuk bersatu dan mengungkapkan solidaritas mereka dengan bangsa Palestina yang saat ini menghadapi serangan kejam dari pasukan Israel.

Salah satu bentuk ekspresi solidaritas ini adalah melalui doa Qunut Nazilah, yang diharapkan dapat memberikan kekuatan, keselamatan, dan bantuan dari Allah kepada warga Palestina yang tengah menghadapi serangan dan kebiadaban Israel.

Menurut laporan dari Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza yang disiarkan oleh Al Jazeera pada Rabu (11/10/2023) dini hari, lebih dari 900 orang telah kehilangan nyawa mereka akibat bombardir pasukan Zionis Israel.

Angka ini termasuk 260 anak-anak yang tak bersalah dan 230 perempuan dewasa. Selain itu, serangan yang membabi-buta ini juga telah melukai sedikitnya 4.500 orang.

Perlu diingat bahwa angka-angka ini belum termasuk korban tewas di Tepi Barat, di mana 21 warga Palestina tewas ditembak oleh pasukan Israel dan 130 lainnya mengalami luka. Israel juga terlibat dalam tindakan dehumanisasi yang terang-terangan dan berupaya keras untuk memaksa masyarakat Palestina menyerah.

Tentu saja, kekejaman yang dilakukan oleh bangsa Israel ini sangat memilukan hati umat Islam di seluruh dunia. Oleh karena itu, bagi mereka yang tidak bisa berjuang di jalur Gaza, disarankan untuk membaca doa Qunut Nazilah untuk Palestina.

Menurut laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Qunut Nazilah adalah sebuah doa yang dipanjatkan dalam salat fardu dengan tujuan memohon pertolongan Allah dalam menghadapi bencana atau musibah yang menimpa kaum Muslimin, seperti gempa, banjir, perang, penindasan, dan sebagainya. 

Doa Qunut ini bertujuan mendoakan kebaikan dan keselamatan bagi mereka yang terkena musibah besar, serta menjauhkan mereka dari ancaman musuh. Qunut Nazilah sangat disarankan untuk dilakukan ketika terjadi musibah dan kezaliman.

Dengan membaca doa Qunut Nazilah untuk Palestina, umat Islam mengharapkan bantuan dan perlindungan Allah bagi saudara-saudara mereka yang menghadapi kesulitan besar.

Diriwayatkan Bukhari-Muslim dari anas bin malik dan Abu Hurairoh, bahwa Rasulullah SAW membaca qunut nazilah selama sebulan pada saat terjadi peristiwa pembunuhan 60 shahabat penghafal Al-Quran.

Tata Cara Qunut Nazilah

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut