Kisah Keberadaan Taman Sukosewu Ponorogo, Saksi Bisu Perjuangan Pangeran Diponegoro

Putra
Taman Sukosewu jejak sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro foto: istimewa

Pangeran Diponegoro sendiri adalah sosok pahlawan nasional yang berperan penting dalam perlawanan melawan penjajahan di tanah Jawa. Beliau merupakan putra dari Sri Sultan Hamengku Buwono III dan memiliki nama asli Raden Mas Ontowiryo, lahir pada 11 November 1785 di Yogyakarta.

Perang Diponegoro atau Perang Jawa yang dipimpin oleh beliau menjadi babak penting dalam sejarah perjuangan Indonesia. Perang ini merupakan perang  besar yang dialami oleh Belanda selama masa pendudukannya di Nusantara.

Perang tersebut timbul akibat campur tangan Belanda dalam urusan kerajaan, serta penderitaan petani akibat penyalahgunaan tanah oleh pihak asing pada tahun 1821.

Pangeran Diponegoro memutuskan untuk melawan penjajahan, yaitu salah satu langkahnya adalah mengenakan pajak Puwasa kepada petani di Tegalrejo agar mereka bisa membeli senjata dan makanan untuk mendukung perlawanan.

Amarah beliau semakin memuncak ketika Belanda memasang tonggak-tonggak untuk rel kereta api yang melewati makam leluhurnya.

Kisah bersejarah ini mengilhami semangat kebangsaan dan patriotisme, mengingatkan kita akan pengorbanan Pangeran Diponegoro dan perjuangannya dalam memerdekakan tanah air dari penjajahan.

Taman Sukosewu di Ponorogo adalah saksi bisu yang mengingatkan kita akan jejak-jejak besar Pangeran Diponegoro dalam perjuangan melawan penindasan dan kesewenang-wenangan.

Editor : Putra

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network