get app
inews
Aa Read Next : Deretan Fakta Syarifah Ima yang Ingin Gantikan Hukuman Mati Ferdy Sambo

Terungkap, Ini Hasil Pemeriksaan Lie Detector Putri Candrawathi

Rabu, 07 September 2022 | 20:24 WIB
header img
Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi/dok Antara

JAKARTA, iNews.id - Polri mengungkap hasil pemeriksaan istri Ferdy SamboPutri Candrawathi(PC) dan asisten rumah tangga (ART) Susi dengan alat lie detector atau antibohong. Pemeriksaan dengan alat khusus itu bertujuan menguji keterangan keduanya terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan hasil pemeriksaan tersebut menyatakan keduanya memiliki kejujuran yang sama. Namun, dia tak membuka secara pasti soal pemeriksaan tersebut dengan alasan Pro Justitia.

"Untuk hasil lie detector atau polygraph yang sudah dilakukan PC kemarin dan juga saudari Susi, sama. Hasil polygraph setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan juga operator polygraph bahwa hasil polygraph atau lie detector itu adalah pro justitia," kata Dedi, Rabu (7/9/2022). 
 

Dedi menjelaskan lie detector merupakan alat yang tingkat akurasinya sangat tinggi untuk menunjukkan kejujuran seseorang.

"Alat yang kita punya ini alat dari Amerika tahun 2019 dan tingkat akurasinya 93 persen. Dengan tingkat akurasi 93 persen itu pro justitia. Kalau di bawah 90 persen itu tidak masuk dalam ranah pro justitia. Kalau masuk dalam ranah pro justitia berarti hasilnya, penyidik yang berhak mengungkapkan ke teman-teman, termasuk nanti penyidik juga mengungkapkan ke persidangan," ujar Dedi.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut