get app
inews
Aa Read Next : Teka Teki Pesan Misterius Puas Bunda Tx For All di Kasus Tewasnya 4 Anak Dalam Kamar

Jenis Anjing yang di Gunakan Kepolisian hingga Militer

Sabtu, 12 November 2022 | 19:28 WIB
header img
Jenis atau ras anjing yang digunakan kepolisian dan TNI (ilustrasi / ist)

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Kepolisan maupun TNI memang menggunakan anjing guna membantu menyelesaikan tugas. Anjing tersebut sudah terlatih dan dari ras atau jenis tertentu.

Anjing polisi dan militer, digunakan untuk berbagai pekerjaan, beberapa ditugaskan dalam pekerjaan aktif seperti mengejar atau menyerang penjahat.

Ada juga yang ditugaskan untuk pekerjaan investigasi, seperti mengendus obat selundupan, deteksi bom, serta melakukan pekerjaan pencarian dan penyelamatan.

Dari sekian banyak ras anjing di dunia, tidak semua dapat dilatih untuk membantu pekerjaan polisi atau militer.

Diolah dari kanal YouTube iNews Variety Show, Sabtu (5/11/2022), berikut beberapa ras anjing yang paling populer yang biasa polisi dan militer gunakan untuk membantu tugasnya.

1. Belgian Malinois

Masih berkeluarga dengan German Shepherd, sebelumnya ras anjing ini dimanfaatkan sebagai anjing penggembala, namun pada perang dunia pertama, anjing ini kerap digunakan militer sebagai pembawa pesan ke markas.

Ras anjing ini juga sempat ramai diperbincangkan setelah turut berjasa dalam misi penangkapan Osama Bin Laden pada tahun 2011 lalu.

Indra penciuman yang tajam serta kecerdasan yang mereka miliki menjadikan alasan mengapa kepolisian dan militer memilih ras anjing ini.

Obat-obatan terlarang, bom hingga senjata tajam mampu terdeteksi oleh belgian malinois yang terlatih. Karakternya yang pantang menyerah dalam menjaga tuannya menjadikan jenis anjing ini selalu jadi andalan petugas keamanan ketika melaksanakan pekerjaan.

2. Labrador Retrievers

Kemampuan indera penciuman yang tajam untuk fokus dan mengikuti perintah tuannya adalah keunggulan dari Labrador Retrieverse, jenis anjing ini cukup populer di Amerika.

Meski terlihat garang, nyatanya anjing jenis ini juga dikenal ramah dengan anak-anak.

Selain memiliki kecerdasan di atas rata-rata, anjing ini juga memiliki postur yang ideal, kaki dan bahunya yang kekar membuat mereka mampu berlari cepat.

Oleh karena itu, stamina kuat yang mereka miliki memungkinkan Labrador untuk bekerja dan berlatih lebih ekstra.

Biasanya petugas mengandalkan jenis anjing ini untuk urusan mengendus bom, narkotika, hingga mencari orang yang terkubur di bawah reruntuhan akibat bencana alam.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut