get app
inews
Aa Read Next : Kelahiran Sapi Merah di Israel Disebut Tanda Kiamat, Ini Penjelasannya

Sejarah Berdirinya Masjid Batoro Katong, Berkaitan Kejadian Mistis Makam Patih Seloaji

Minggu, 02 Juli 2023 | 09:35 WIB
header img
Sejarah masjid Batoro Katong di Ponorogo foto: istimewa

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Kabupaten Ponorogo tidak cuma dikenal akan kesenian dan budayanya saja, namun juga akan peradaban Islam. Hal ini membuat banyak sekali masjid kuno berdiri yang menyimpan sejarah, salah satunya Masjid Batoro Katong

Raden katong, atau disebut Batoro Katong, sangat melekat dengan pengusaha pertama, sekaligus pelopor penyebaran agama islam di Ponorogo.

Perjalanan dan sepak terjang utusan Demak ini guna mengislamkan masyarakat yang sebelumnya beragama Hindu hingga animisme, setelah berhasil mengalahkan Ki Ageng Suryongalam dan menaklukan Kerajaan Wengker. Maka mulailah Batoro Katong untuk melakukan tujuan utama datang ke Kabupaten Ponorogo yaitu penyebaran agama Islam.

Guna memperlancar tugasnya, dan sebagai tempat siar penyebarkan agama Islam, Batoro Katong kemudian mendirikan sebuah masjid, yang sekarang tepatnya berada di sebelah barat makam nya, masuk Kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan.

“Batoro Katong mendirikan masjid untuk syiar Islam di Ponorogo,” kata Nardi, budayawan dan juga juru kunci Makam Batoro Katong.

Ada cerita tersendiri tentang masjid, setelah Batoro Katong meninggal dunia, dan masjid pergunakan untuk masyarakat. Dimana sebelum dipindah, posisi masjid awalnya berdekatan dengan makam Patih Seloaji.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut