get app
inews
Aa Read Next : Harga Uang Kuno Kertas Rp500 Tahun 1992 Tembus Rp50 Juta

Harga Bawang Merah Anjlok, Petani di Ponorogo Kawatir Tak Balik Modal

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 14:26 WIB
header img
Petani bawang merah di Ponorogo merugi harga anjlok foto: iNewsPonorogo.id/Putra

PONOROGO, iNewsPonorogo.id - Nasib kurang beruntung dialami oleh para petani bawang merah di Desa Ringinputih, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Hal ini lantaran harga jual bawang merah yang anjlok drastis. Meskipun kuwalitas hasil panen yang relatif bagus.

Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, harga jual bawang merah mengalami penurunan drastis. Sebelumnya, harga mencapai lebih dari Rp 25 ribu per kilogram, tetapi kini cuma diharga Rp 12 ribu per kilogramnya.

Jatuhnya harga membawa dampak berarti bagi para petani, sebab dengan kondisi harga tersebut, mereka kawatir tidak balik modal, yang sudah dikeluarkan saat masa tanam kemarin, ditambah harga benih dan pupuk yang relatif tinggi.

Pengeluaran mencakup pembelian benih yang per kilogramnya yang mencapai Rp 57 ribu, sedang setiap petak sawah dengan ukuran 1.400 meter persegi memerlukan sekitar 1,7 kwintal benih bawang merah. Artinya, untuk biaya benih saja mencapai lebih dari Rp 10 juta. Biaya modal juga termasuk pembelian pupuk, penggarapan lahan, perawatan tanaman, dan panen, yang totalnya mencapai Rp 11 juta.

"Kualitas hasil panen bawang merahnya musim panen ini sebenarnya cukup baik. Tetapi, harganya malah murah sekali. Ini harga terendah selama kurun waktu beberapa tahun ini," kata Titik Suharti, salah satu petani bawang merah.

Editor : Dinar Putra

Follow Berita iNews Ponorogo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut