get app
inews
Aa Read Next : Terbaru! Login WhatsApp Tanpa Nomor HP, Begini Cara Menggunakannya

Keren, Siswa SDN Ciptakan Pestisida Alami dari Limbah Kulit Bawang

Sabtu, 10 September 2022 | 10:14 WIB
header img
Di bawah bimbingan guru, para pelajar SDN Pasawahan Kidul Purwakarta meracik pestisida alami dari kulit bawah merah dan putih. (FOTO: iNews/IRWAN SAPUTRA)

PURWAKARTA, iNews.id - Para pelajar SDN Pasawahan Kidul, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta menciptakan pestisidaalami dari limbah kulit bawang merah dan putih. Pestisida alami hasil permentasi kulit bawang merah dan putih selama 24 jam itu bisa mengusir hama dan merangsang pertumbuhan akar tanaman.

Untuk melakukan penelitian hingga berhasil membuat pestisida alami tersebut, para pelajar dibantu oleh dua guru pembimbing. Guru memberikan arahan cara membuat pestisida alami. Bahan-bahannya, kulit bawang merah, putih, air, dan botol.

Kulit bawang merah dan putih dimasukkan ke dalam botol dan diberi air, lalu ditutup rapat. Setelah itu, didiamkan selama 1X24 jam. Hasilnya, air fermentasi kulit bawang merah dan putih tersebut dapat mengusir hama.

Kepala SDN Pasawahan Kidul A'i Jubaedah mengatakan, inovasi dari pelajar ini muncul setelah muncul hama yang menyerang berbagai tanaman di lingkungan sekolah.

Editor : Dinar Putra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut